Konsep Activity pada Program Android - Panduan Belajar IT

Breaking

Panduan Belajar Dunia Teknologi Informasi

Breaking News

BANNER 728X90

Jumat, 03 Maret 2017

Konsep Activity pada Program Android

1.  Konsep Activity
-  Activity merupakan public class dalam aplikasi Android.
-  Setiap activity merupakan sesuatu yang unik atau single, yang ditujukan untuk
menghandle macam-macam hal yang bisa dilakukan oleh user.
-  Activity berhubungan dengan user dimana activity menciptakan windows atau UI
yang mana ditampilkan dengan concepts setContenView (View).
-  Ada dua method yang pasti dimiliki oleh satu activity, yaitu:
a.  onCreate  untuk menginisiasi suatu activity. Biasanya dipanggil dengan
perintah:
~  setContenView(int) untuk resource yang didefinisikan di layout UI
~  findViewById(int) untuk memanggil widget yang dibutuhkan UI untuk
berinteraksi dengan aplikasi.
b.  onPause untuk menyatakan ketika user meniggalkan suatu activity.
-  Untuk penggunaan dengan Context.startActivity(), semua kelas activity harus
sesuai dengan <activity> yang dideklarasikan dalam suatu paket di
AndroidManifest.xml.

2.  Siklus Activity
-  Activity aplikasi android dikelola dengan sistem yang dikenal dengan activity stack.
-  Ketika activity start, activity diletakkan pada stack yang paling atas dan activity-activity yang sudah jalan berada dibawahnya dan akan terus berada pada posisi atas
stack sampai muncul activity yang baru.
-  4 keadaan yang dimiliki activity, yaitu:
1)  Active/running
Jika activity berada pada posisi atas stack.

2)  Pause
Jika activity tidak dipakai atau dibutuhkan pada suatu saat tertentu, tetapi
activity itu masih ada atau visible, ketika activity baru yang ditangani oleh
sistem activity yang lama disebut pause dan masih berada di memory, bisa jadi
suatu activity yang sudah keadaan pause tidak  ada di memori yang
kemungkinan disebabkan oleh keterbatasan memory.
3)  Stopped
Jika activity sudah tidak dipakai dan digantikan oleh activity lain, activity yang
sudah stopped tidak akan pernah dipanggil lagi, dan secara permanen memory
pun tidak menyimpan info mengenai activity ini.
4)  Restart
Jika activity paused atau stopped, sistem dapat mendrop activity ini dari sistem
memory, dan ketika user membutuhkan activity tersebut, activity akan kembali
ke keadaan awal (restart).
-  Berikut ini  adalah gambaran mengenai activity lifecycle atau siklus activity di
dalam android sistem.

-  Terdapat 3 perulangan yang mungkin dialami oleh activity:
1)  Entire lifetime
Yaitu activity yang terjadi mulai dari onCreate() sampai dengan onDestroy().
Biasanya activity ini akan dibuat setup global ketika mendefinisikannya,
2)  Visible lifetime
Yaitu activity yang terjadi mulai dari onCreate() sampai dengan onStop().
3)  Foreground lifetime
Yaitu activity yang terjadi diantara onResume() dan onPause().

-  Sehingga sintaks superclass dari gambar diatas adalah sebagai berikut:

public class Activity extends ApplicationContext() {
           protected void onCreate(Bundle saveInstanceState);
           protected void onStart();
           protected void onRestart();
           protected void onResume();
           protected void onPause();
           protected void onStop();
           protected void onDestroy();
}






*apakah memungkinkan bagi sistem untuk mematikan proses host activity atau tidak.method
yang ditandai dengan N berarti melindungi host activity (tidak dimatikan).
-  Activity yang secara teknis Killable adlah N bisa saja dimatikan secara otomatis
oleh sistem apabila terjadi low memory atau tidak cukupnya resource untuk
menjaga activity itu tetap hidup.
-  Kejadian  tidak cukupnya resource bisa terjadi karena banyak proses yang sedang
dieksekusi dan memerlukan kapasitas memory yang besar, sehingga terjadi low
memory yang menyebabkan beberapa activity otomatis hilang dari memory.

Terima Kasih:)
Jangan lupa share ke teman teman kalian ya guys :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan bijaksana, Jangan Spam ya Guys :)